Minggu, 14 Juli 2013

Apa Penyebab Rambut Abu-abu?

Mencabut satu rambut abu-abu, dan dua lagi tumbuh! Ini sebenarnya tidak benar - bersama dengan kepalsuan yang sangat percaya bahwa uban disebabkan oleh stres atau trauma. Pada usia 50, kebanyakan orang memiliki sejumlah besar rambut abu-abu yang indah. Tapi apa yang menyebabkan ini?

Sebenarnya, rambut mulai seputih - dan kemudian melanosit, sel-sel dalam folikel rambut, menghasilkan pigmen melanin, yang memberikan warna pada rambut. Semakin banyak melanin, rambut gelap. Semakin sedikit melanin, yang lebih ringan rambut. Di masa muda, sel-sel melanosit melanjutkan pekerjaan mereka, memberikan warna rambut kita. Lembur, namun, sel-sel mulai untuk memukul kepala keluar dan berhenti memproduksi pigmen, yang menyebabkan rambut abu-abu. Beruban biasanya dimulai di kuil-kuil, dan kemudian perlahan-lahan bergerak dari depan ke belakang.


Umumnya, satu kali mulai beruban ditentukan oleh genetika. Namun, faktor lain dapat menyebabkan rambut abu-abu, dan bahkan onset dini beruban.

Salah satu faktor yang umum adalah kekurangan vitamin B12, juga dikenal sebagai anemia pernisiosa. Folikel rambut kita benar-benar membutuhkan Vitamin B12, karena tanpa itu, mereka kehilangan darah yang kaya oksigen, seperti Vitamin B12 bertanggung jawab untuk produksi sel darah merah yang sehat. Untuk menghindari hal ini, pastikan untuk mengkonsumsi vitamin B12 makanan kaya sehari-hari, seperti keju, telur, dan kerang.

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau kurang aktif juga dapat mengakibatkan rambut beruban prematur. Hal ini karena kelenjar tiroid mempengaruhi fungsi kegiatan melanosit memproduksi pigmen. Para ahli menyarankan mereka yang di bawah usia 30 yang memiliki banyak rambut abu-abu untuk mendapatkan aktivitas tiroid mereka diperiksa oleh seorang profesional medis.

Sebuah kondisi yang dikenal sebagai Vitiligo juga dapat menyebabkan beruban pra-matang. Penyakit ini auto-imun terjadi ketika sel-sel melanosit yang hancur, sehingga daerah de-pigmentasi pada kulit dan rambut beruban prematur.

Produk tembakau merokok juga dapat berkontribusi untuk rambut beruban prematur. Perokok yang ditemukan empat kali lebih mungkin untuk memiliki rambut abu-abu. Menurut Ralph M. Trueb, spesialis kulit, bahan kimia dalam asap dapat merusak DNA dalam sel-sel folikel rambut dan menyempitkan pembuluh darah yang mensuplai folikel.

Juga, menurut ilmuwan Harvard, kegagalan sel induk melanosit untuk mempertahankan produksi melanosit bisa menyebabkan rambut beruban.

Nichol Clark, penata rambut di Salon Mockingbird di Philadelphia, Pennsylvania, juga menunjukkan salah satu alasan lain untuk rambut abu-abu. "Jika ada penumpukan hidrogen peroksida dalam tubuh, yang juga dapat menyebabkan abu-abu," kata Clark.

Secara statistik, kemungkinan akan abu-abu meningkat 10-20% setiap dekade setelah 30 tahun. Seks biologis dapat menentukan timbulnya abu-abu untuk beberapa, seperti dikatakan bahwa laki-laki biasanya abu-abu pada usia 30, sementara wanita cenderung abu-abu pada usia 35. Ras dan etnis juga dapat berperan sebagaimana dikatakan bahwa orang-orang dari Eropa atau keturunan Timur Tengah cenderung untuk pergi abu-abu sebelum yang keturunan Afrika atau Asia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar